4 Alat Elektronik Edukasi Ini Wajib Ada Di Sekolah

Banyak alat elektronik edukasi sejauh ini sudah ada di hampir semua sekolah, namun hanya itu-itu saja. Ya, alat elektronik yang biasa ada di sekolah antara lain AC, komputer, laptop, televisi, dan lain sebagainya. Padahal, ada banyak sekali alat elektronik yang sifatnya edukasi dan akan lebih baik jika ditempatkan di sekolah. Adapun beberapa alat elektronik tersebut akan disebutkan berikut.


Printer 3D
Dengan printer 3D, pelajar bisa lebih mengerti perkembangan teknologi lebih jauh. Mungkin selama ini yang diketahui pelajar sebuah alat printer hanya bisa mencetak secara 2 dimensi saja, yaitu di atas kertas. Padahal ada banyak sekali jenis printer, yang mana salah satunya adalah printer 3D.

Printer 3D juga bisa membantu pelajar melatih kreativitasnya. Ia bisa mendesain sebuah pola atau bentuk melalui komputer, kemudian dicetak atau dibuat nyata dengan printer 3D ini. Soal harga, memang printer 3D ini mahal namun fungsinya pun juga sepadan.

SEM
SEM merupakan singkatan dari scanning microscope electron, prinsip kerjanya seperti mikroskop namun lebih canggih. Jika mikroskop hanya bisa melihat sampai perbesaran tertentu saja, alat SEM ini bisa melihat sebuah partikel benda dengan pembesarannya yang besar. Dengan alat ini, pelajar bisa melihat bagian terdalam sebuah benda. Sampai bagian terkecil suatu benda pun bisa terlihat dengan alat ini.

Mikroskop Fluorescence
Sebuah mikroskop fluorescence bisa menampilkan komponen struktural dari suatu benda. Spesimen terkecil pun juga bisa terlihat oleh mikroskop jenis ini. Tentu saja mikroskop ini tak bisa disamakan dengan mikroskop cahaya yang biasa ada di sekolah-sekolah.

Organ
Organ merupakan alat musik yang prinsipnya mirip dengan keyboard. Ditekan dan mengeluarkan nada-nada tertentu. Dengan memiliki organ di sekolah, pelajar bisa belajar seni musik lebih advanced. Alat elektronik edukasi ini memang mahal namun bisa memberikan impact yang besar untuk kegiatan belajar seni musik.

Itulah empat alat elektronik yang sifatnya edukasi dan disarankan ada untuk setiap sekolah, terlebih untuk jenjang sekolah menengah atas atau kejuruan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »