Cintai Alam dengan Mengurangi Sampah dan Membuat Barang Ramah Lingkungan

Anda pasti akan sangat membutuhkan lingkungan untuk kehidupan sehari-hari, sehingga harus terus dijaga, salah satunya adalah dengan mengurangi sampah. Manusia di era modern memiliki banyak kebutuhan yang menghasilkan sampah anorganik sehingga akan sangat sulit untuk diurai oleh alam. Sampah anorganik yang sering dihasilkan oleh masyarakat biasanya berupa plastik. Masalah satu ini membuat lingkungan menjadi kurang baik untuk kehidupan manusia.


Bagaimana Cara Mengurangi Sampah? 
Masalah sampah, terutama yang berupa plastik ini harus menjadi perhatian semua masyarakat. Di Indonesia produksi sampah berupa plastik sangat banyak dan menimbulkan bau tak sedap di berbagai wilayah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi sampah terutama yang mengandung unsur plastik.

Kurangi Sampah Plastik dengan Alternatifnya
Pada saat berbelanja misalnya usahakan untuk tidak selalu menggunakan kresek yang terbuat dari plastik sebagai kantong barang. Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengganti kresek dari bahan plastik tersebut. Anda bisa membawa tas ransel dan menaruh barang yang dibeli langsung ke dalam tas sehingga mengurangi jumlah sampah plastik.

Pengurangan jumlah sampah, terutama yang berupa plastik ini sebaik Anda lakukan agar lingkungan tempat tinggal tidak tercemar. Hal ini dikarenakan plastik tidak mudah diuraikan oleh tanah dan membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga membuat tanah menjadi tandus dan juga bermasalah. Kesadaran setiap manusia terhadap masalah sampah akan membuat lingkungan menjadi lebih sehat dan baik untuk kehidupan.

Anda bisa mengupayakan dengan memakai barang ramah lingkungan agar kondisi alam lebih terjaga dan lestari. Pada saat ini memang manusia lebih memilih barang yang banyak terbuat dari plastik karena dirasakan praktis untuk digunakan. Hal ini sebaiknya Anda kurangi, jika semua orang mengurangi pemakaian barang dari bahan plastik maka akan berdampak baik pada alam.

Pakai Tempat Makan yang Bisa Dicuci Ulang
Plastik tidak hanya digunakan sebagai kantong pada saat Anda berbelanja saja, melainkan banyak sekali aktivitas lain memakainya. Pemakaian plastik untuk bungkus makanan tentunya akan membuat lingkungan menjadi penuh dengan limbah yang sulit terurai ini. Anda sebaiknya menghindari bungkus makanan dengan plastik yang sekali pakai dibuang sehingga tidak baik untuk lingkungan.

Anda bisa menggunakan tempat makan permanen yang tidak menimbulkan sampah plastik sekali pakai buang. Penggunaan tempat makan ini tentunya akan mengurangi jumlah sampah dari plastik. Penggunaan tempat makan sendiri ini memang membuat Anda harus mencucinya setiap habis dipakai.

Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan air minum yang sekali pakai karena akan membuat sampah pastik bertambah banyak. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan botol minum isi ulang yang bisa dipakai berkali-kali sehingga mengurangi sampah plastik. Penggunaan botol air minum permanen tersebut adalah salah satu upaya untuk memakai barang ramah lingkungan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »