Ketahui Jenis Alat Pelindung Diri Area Red Zone

Alat Pelindung Diri (APD) merupakan suatu perlengkapan yang harus digunakan oleh setiap orang ketika melakukan suatu pekerjaan atau untuk melindungi diri pada suatu kondisi tertentu. Ada berbagai jenis APD yang bisa digunakan dengan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu jenis tersebut adalah topi yang digunakan untuk melindungi bagian kepala atau bahkan beberapa topi juga memiliki fungsi sehingga menutupi dahi dan mata.


APD untuk Area Red Zone
Istilah Red Zone semakin tidak asing di telinga kita karena semakin menyebarnya virus corona yang saat ini ditakuti oleh semua orang. Red zone ini adalah sebuah tanda bahwa pada wilayah tertentu sudah ada orang yang berstatus positif terjangkit COVID-19. Nah, untuk melindungi diri agar tidak mudah tertular atau terkena virus corona, berikut beberapa Alat Pelindung Diri (APD) yang harus dikenakan.

1. Topi Anti Corona
APD satu ini adalah salah satu jenis pelindung yang tidak boleh dilupakan. Tidak hanya tenaga medis yang harus mengenakan pelindung satu ini. Meningkatnya virus corona ini membuat beberapa daerah mengadakan penyemprotan lingkungan rumah warga. Nah, ketika warga yang melakukan penyemprotan ini menjalankan tugasnya, orang tersebut harus mengenakan topi anti corona.

Karena, kita tidak ada yang tahu apakah tempat tersebut sudah bersih atau terdapat virus yang dapat menempel ke diri kita. Jadi, topi akan menjadi alat paling penting yang harus dikenakan.

2. Masker
Masker ini salah satu APD yang sudah umum dikenakan oleh semua orang. Tapi, tidak sedikit juga orang yang mengabaikan kesehatannya dan tidak mengenakan masker ketika berinteraksi atau berbicara dengan orang lain. Jangankan ketika melakukan interaksi sosial, untuk keluar rumah pun semua orang yang sudah berada di area red zone harus mengenakan masker.

Terutama untuk Anda yang sudah terkena flu atau merasa tidak enak badan, maka Anda wajib mengenakan masker ini untuk mencegah virus itu menyebar kemana-mana.

3. Sarung Tangan
Sarung tangan ini memiliki tujuan yang sama dengan hand sanitizer, yaitu menjaga kebersihan tangan. Selain itu, agar ketika Anda bersalaman dengan orang lain akan tetap aman. Tapi, jangan lupa untuk mencucinya ketika setelah digunakan agar bakteri dan virus segera hilang. Mencuci sarung tangan yang penggunaannya lebih dari sekali adalah dengan cairan desinfektan. Sementara untuk sarung tangan sekali pakai sebaiknya hanya digunakan oleh tenaga medis karena sangat terbatas jumlahnya dan mereka lebih membutuhkan.

Itulah jenis pelindung diri yang harus dikenakan oleh semua orang yang berada di area red zone mulai masker hingga topi anti corona. Semua alat ini perlu dan harus dimiliki oleh semua orang agar tetap sehat dan dirinya terlindungi. Karena, virus yang tidak terlihat ini dapat menular ke siapapun melalui apapun.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »