Review Digital Alliance Meca 8

Keyboard Mechanical RGB Terbaik
Pada postingan ini kita akan mereview keyboard mechanical RGB dari Digital Alliance yaitu seri Meca 8. Langsung saja yang pertama kita akan bahas spek-nya.

  1. Tipe keyboard mechanical.
  2. Layout keyboard TKL atau memiliki numpad di bagian kanan.
  3. Warna hitam.
  4. Material top dan bottom berbeda, dimana top nya menggunakan ABS + blade sedangkan bottom-nya menggunakan ABS saja.
  5. Dimensi 355 x 125 x 40 mm dengan berat 856 gram.
  6. Injeksi keycaps double injection sehingga lebih awet dan tahan lama.
  7. Backlit RGB 21 mode.
  8. Kabelnya memiliki panjang 1.5 meter dan sudah braided.
  9. Konektor USB nya sudah dilengkapi dengan gold plate.
  10. Lifespan hingga 50 juta klik.

Untuk pengalaman unboxing-nya, kardusnya berwarna hitam dengan gambar keyboard yang jelas di print di bagian atasnya. Ketika dibuka ada keyboard itu sendiri yang dibungkus plastik dan di bawahnya ada key puller-nya, buku panduan, dan kartu garansi.

Keyboard ini sudah menggunakan layout 10 key less dengan 89 key yang memberikan kesan ringkas. Jadi, cocok banget untuk yang suka main game fps.

Layout keyboard pada sisi kiri adalah sama dengan keyboard pada umumnya, tidak ada yang spesial, dimana ini menggunakan layout international qwerty seperti keyboard mainstream pada umumnya. Yang cukup aneh adalah pada bagian kanannya, atau bagian TKL nya yang memiliki tombol delete yang seharusnya atau biasanya ada di sebelah kiri karena untuk kebutuhan mengetik.

Memang agak aneh untuk laptop gaming ada numeriknya, karena biasanya tipe keyboard seperti ini adalah untuk main game fps. Tetapi, untuk bagian kiri, sudah nyaman dan tombol enter-nya juga besar sehingga tidak mudah salah klik.

Tombol spasi bentuknya berbeda dengan tombol-tombol lainnya yang lancip, dimana tombol spasinya sisinya tumpul sehingga lebih nyaman di klik. Tombol numeriknya menyatu dengan tombol lain seperti Home, PgUp, PgDown, dan End sehingga ketika lupa menyalakan NumLock maka akan bikin kita sering salah mengetik.

Fitur paling mencolok dari keyboard ini tentu saja backlit-nya yang sudah RGB. Kekurangannya adalah warnanya belum bisa di custom, sehingga default saja dari kiri ke kanan warna merah, kuning, hijau, biru, dan ungu.

Selain 21 mode pilihan yang didapat, kita juga bisa membuat 3 mode custom tambahan. Kita bisa mengatur di tiap-tiap mode itu tombol mana saja yang warnanya mau dinyalakan.

Beberapa mode yang disediakan yang penting untuk diketahui diantaranya ada mode menyala full, mode rts yang akan menyalakan tombol-tombol yang sering dipakai main game saja, ada mode untuk game fps juga, dan mode mengetik yang akan menyalakan huruf-huruf saja.

Selain keyboard, bagian kanan kirinya yang merupakan exhaust juga mengeluarkan cahaya yang berwarna default RGB. Seperti pada bagian atas keyboard, bagian sisi kanan kiri ini juga warnanya tidak bisa diganti atau di-custom.

Untuk brightness backlit-nya bisa diatur dengan pencet tombol fn + arrow up untuk meningkatkan brightness atau arrow down untuk menurunkannya.

Pada bagian bawah, keyboard ini sudah dilengkapi dengan rubber agar tidak mudah bergeser ketika sedang digunakan. Juga ada kakinya supaya bagian belakang bisa lebih tinggi dan menggunakannya bisa lebih nyaman dan tidak mudah lelah.

Keyboard ini sudah splash resisten atau tahan cipratan air, tetapi jangan sampai tersiram ya. Cipratan air yang kecil-kecil masih bisa ditolerir tidak membuat keyboard ini rusak.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »